Kamis, 19 Oktober 2023

mendidik anak


Anak anak merupakan generasi yang sedang tumbuh. Ia bisa tumbuh besar, dan besar sekali, melebihi dari kita ini. Demikian pentingnya menanamkan  kepribadian sejak usia dini agar mereka memiliki dan perilaku yang baik kelak setelah dewasa.

Membangun kepribadian seorang anak biasanya dimulai dari masa kanak kanak di lingkungan rumah, sehingga orang tua mempunyai tanggung jawab besar dalam pembentukan harga diri (self esteem) sang anak.

Beberapa tips untuk membangun harga diri dan kepribadian pada anak,:
(dikutip dari beberapa media)

* Menjadi pendengar yang baik:. Sesibuk apa pun, berikan sebagian waktu untuk bersama anak-anak setiap hari. Tinggalkan semua pekerjaan, duduk dan bicaralah dengan anak Anda seperti halnya Anda berbicara dengan orang dewasa..

* Memberikan pujian: Anak anak sering untuk menunjukkan suatu keahlian atau hasil ujian yang diperolehnya di sekolah. Berikan pujian untuk karyanya, namun jangan berlebihan.

* Tidak mem-banding-kan: Orang tua sering membandingkan satu anak dengan anak lain atau tetangga dengan maksud bahwa anak dapat berubah dan menjadi seperti yang diharapkan. Cara seperti ini dapat mengarah ke pembentukan perasaan rendah diri pada anak anak.

* Memberikan kritikan: Kritik yang keras selalu membawa hasil yang merugikan. Mengkritik hendaknya dilakukan dengan kata-kata yang halus agar tidak menyinggung perasaannya.

* Menjadi contoh tauladan: Anak-anak umumnya cenderung mengamati perilaku dan sikap siapa saja termasuk orang tuanya. Perilaku yang baik akan menjadi panutan yang baik pada anak-anak.
Sumber: Koran Kompas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar