Madrasah : MTs Negeri Karassing
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa
an, adat istiadat, peraturan yang
berlaku dalam masyarakat.
|
ü
Semangat
kebangsaan
ü
Rasa
ingin tahu
ü
Religius
|
Norma -norma dalam masyarakat
|
·
kajian referensi dan mendiskusikan norma
dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, dan
peraturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya di Minangkabau, Batak, dll.
·
Perbedaan macam-macam norma yang berlaku
dalam masyarakat.
·
Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi
norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam
masyarakat.
|
· Menjelaskan
hakikat norma.
· Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
· Menguraikan
macam-macam norma.
· Menuliskan salah satu ayat dalam Al-Quran
yang terkait dengan norma kesopanan.
|
Tes tulis
|
Tes
uraian
|
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan norma!
2.
Mengapa norma memiliki peran penting dalam masyarakat ?
3.
Uraikan macam-macam norma yang ada dalam masyarakat!
|
8 x
40’
|
Buku:
PKn untuk MTs Kelas VII semester 1(Karya : Ashadi Cahyadi, S.Pd), artikel/berita
di
media massa, dan lain-lain.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2.Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum
bagi warga negara.
|
ü Rasa ingin tahu
|
Norma hukum
|
· Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang:
o
pengertian
dan pembagian hukum;
o
perbedaan
hukum publik dan hukum privat.
· Mendiskusikan tujuan dan fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan
bernegara.
|
· Menjelaskan
pengertian hukum.
· Menjelaskan
pembagian hukum
· Menjelaskan
tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum
dalam suatu negara.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
Tes pilihan ganda dan
uraian
|
Jelaskan pengertian
hukum
Jelaskan pembagian hukum
menurut:
1.
sifatnya
2.
bentuknya
3.
isinya
Alasan masyarakat
memerlukan norma hukum adalah ….
a.
ingin berbuat
yang terbaik bagi dirinya
b.
belum semua kepentingan
terwadahi dalam norma yang lain
c.
tidak semua orang mentaati norma yang ada
d.
hendak mewujudkan kepastian hukum
|
8 x 40’
|
Buku:
PKn untuk MTs Kelas VII semester 1(Karya : Ashadi Cahyadi, S.Pd), artikel/berita
di
media massa, dan lain-lain.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.3
Menerapkan
norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
ü
Kreatif
ü
bersahabat
|
Norma -norma dalam masyarakat
|
· Melakukan pengamatan dan membuat laporan
terhadap penerapan norma di sekolah.
|
· Menganalisis penerapan norma-norma di sekolah.
· Melaksanakan norma di sekolah.
|
Nontes
|
Pengamatan
|
Lakukan pengamatan tentang penerapan norma
oleh teman-teman di kelasmu dalam format seperti berikut.
1 = selalu
2 = sering
3 = kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak pernah
Dari hasil pengamatanmu, buatlah analisis/
kesimpulan bagaimana penerapan norma-norma yang ada di kelasmu! Lalu, presentasikanlah
di depan kelas!
|
4 x
40’
|
Lingkungan sekolah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BULUKUMBA, 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Guru Mata
Pelajaran
ALIMUDDIN, S.Ag
ASHADI CAHYADI,S.Pd
NIP : 19541231198503101 NIP : 198101102007101001
Madrasah : MTS Negeri Karassing
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna
proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
KOMPETENSI DASAR
|
karakter
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
|
ü
Cinta
tanah air
ü
Semangat
kebangsaan
|
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
|
Kajian referensi dan mendiskusikan isi
tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia.
|
· Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam
mencapai kemerdekaan.
· Mendiskusikan
arti kemerdekaan bagi suatu bangsa.
· Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat
proklamasi kemerdekaan.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Tuliskan perlawanan-perlawanan yang dilakukan setelah tahun 1908 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!
Jelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!
Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap
diperlukan sepanjang hayat?
Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam
kehidupan dewasa ini!
|
4 x 40’
|
Buku:
PKn untuk MTs Kelas VII semester 1(Karya : Ashadi Cahyadi, S.Pd), artikel/berita
di
media massa, dan lain-lain.
|
||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi
pertama.
2.3.Menganalisis hubungan proklamasi dengan
UUD 1945
|
ü Jujur
ü Semangat kebangsaan
ü
Rasa
ingin tahu
|
ü UUD 1945 sebagai konstitusi pertama
ü Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
Hubungan Proklamasi dengan UUD 1945
|
ü Mendiskusikan dan mensimulasikan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945.
ü Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan
proklamasi dengan UUD 1945.
Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan
proklamasi dengan UUD 1945
|
· Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal
18-8-1945.
· Mendeskripsikan sidang BPUPKI tanggal 10—17
Juli 1941.
· Menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
· Menjelaskan hubungan proklamasi dengan
Pembukaan UUD 1945
· Menguraikan makna alinea yang terdapat dalam
Pembukaan UUD 1945
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Uraian
|
Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal
18-8-1945!
Uraikan pokok-pokok pikiran pembukaan UUD
1945 !
UUD 1945 sebagai konstitusi pertama dibentuk
oleh:
a. BPUPKI
b. PPKI
c. MPR
d. Presiden
Sebutkan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 !
Jelaskan
hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945!
Jelaskan
makna yang terkandung dalam alinea ke-3 Pembukaan UUD 1945!
|
4 x 40’
4 X 40’
|
Buku:
PKn untuk MTs Kelas VII semester 1(Karya : Ashadi Cahyadi, S.Pd), artikel/berita
di media
massa, dan lain-lain.
UUD
1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi.
|
||||||||||||||||||||||||
2.4.Menunjukkan
sikap positif terha dap makna proklamasi kemerde kaan dan
suasana kebatinan konstitusi pertama.
|
ü kreatif
|
Proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945
|
Mencari
informasi dari berbagai sumber, menelaah, dan mendiskusikan tentang makna proklamasi bagi kehidupan
bangsa.
|
·
menunjukkan sikap positif terhadap makna
proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama.
|
Kuesioner
|
Daftar
check list
|
Petunjuk: berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan pendapat
kalian!
Keterangan:
Ya: sependapat dengan pernyataan (skor 1 jika pernyataan positif, dan skor 0
jika pernyataan negatif)
Tdk: tidak sependapat dengan pernyataan (skor
0 jika pernyataan positif, dan skor 1 jika pernyataan negatif)
|
4 x 40’
|
Buku:
PKn untuk MTs Kelas VII semester 1(Karya : Ashadi Cahyadi, S.Pd), artikel/berita
di media
massa, dan lain-lain.
UUD
1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi.
|
BULUKUMBA, 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Guru Mata
Pelajaran
ALIMUDDIN, S.Ag
ASHADI CAHYADI,S.Pd
NIP : 19541231198503101 NIP
: 198101102007101001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar